3/30/2015

Dewasa | Pengertian Dan Arti Dewasa Sesungguhnya


Dewasa Itu Apa sih ? - Orang dikatakan dewasa dalam dua kategori yang pertama adalah fisik dan kedua sifat atau mental. Orang dewasa dilihat dari fisiknya ketika dia sudah akhil baligh atau sudah berumur 17 tahun keatas, dimana secara biologis seseorang sudah mengerti tanggung jawab yang diembannya.

Pengertian Dan Arti Dewasa Dari Sifat Dan Kelakuan sesungguhnya terlihat pada sifat atau mental seseorang, dewasa yang ini unik yaitu tidak mengenal umur ! maka dari itu ada sebutan "dewasa di usia dini" atau sebaliknya " terlambat dewasa". Dewasa adalah masa dimana pemikiran seseorang tidak mendahulukan emosi melainkan mencari yang terbaik diantara yang baik.

Sifat dewasa tidak muncul dengan sendirinya ada masa dimana dewasa itu terlalu cepat atau sangat lambat, sebagai contoh bila ada orang yang mencaci bila dia adalah orang yang dewasa, dia bisa meredam tanpa membalas cacian karena dia tahu cara mengendalikan emosi. Seseorang yang sudah dewasa, biasanya punya kematangan berfikir, dalam bertindak mereka tidak ceroboh atau grusa grusu.

- Seseorang yang dewasa hatinya selalu tentram meskipun dihadapkan dengan masalah yang amat pelik sekalipun, mereka tahu cara menghadapi situasi seperti ini, tanpa membebankan masalahnya kepada orang lain.
- Orang yang sudah dewasa selalu berhati-hati dalam melakukan tindakan, mereka sangat memperhitungkan apa yang akan diperbuatnya !waktu, pikiran dan tutur kata selalu mereka perhatikan, mereka tidak ingin jika harus menanggung karena salah dalam mengambil sikap.
- Orang yang sudah dewasa setidaknya mengerti apa kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Oleh sebab itu orang dewasa peka akan kepribadiannya,
mereka akan berbenah dan intropeksi diri jika memang itu salah dan harus dibenahi. Kadang ada orang berkata"makanya ngaca ???"
Sebenarnya orang yang sudah dewasa tahu apa yang kurang dari dirinya tanpa harus disuruh berkaca. Sebaliknya bila ada orang yang bicara seperti itu
patut dipertanyakan kedewasaannya.
- Orang yang sudah dewasa akan berusaha sebaik mungkin terhadap tanggung jawab yang diamanahkannya, contoh tanggung jawab seorang guru pada muridnya mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menjadikan muridnya pandai, berakhlak, dan taat terhadap agama.

Makna dewasa begitu luas, dewasa tergantung dari penilaian diri pribadi masing-masing. Apakah mereka merasa dirinya dewasa? Entahlah, yang jelas saya percaya setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk memperlihatkan mereka dewasa, karena dewasa itu hanya bisa dinilai orang lain. 

Kadang kita merasa diri ini sudah dewasa tapi dinggap masih kanak-kanak oleh saudara atau teman kita. Percayailah perasaan itu karena sebenarnya memang kamu sudah dewasa hanya perlu intropeksi diri mengenai apa yang kurang sehingga masih dianggap kekanak- kanakan. Nah mungkin ada yang berbeda pendapat mengenai arti dewasa? silahkan komentar ya.


EmoticonEmoticon