12/13/2016

Ingin Kuliah? Baca Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Berikut

universitas favorit 

Ingin Kuliah? Baca Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Berikut - Banyak sekali orang - orang yang mengambil jurusan studi kuliah didasarkan pada prospek kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Namun, kalian jangan lupa juga bahwa hal yang paling penting dan mendasar dalam menetukan pilihan jurusan studi kuliah adalah minat dan ketertarikan kalian terhadap bidang tersebut. Berikut ini kami sajikan spesial untuk anda yang sedang bingung menentukan jurusan kuliah.


Tips Memilih Jurusan Kuliah



1. Minat Dan Ketertarikan

Jika kalian memiliki ketertarikan akan bidang tersebut, maka sepusing - pusingnya kalian, kalian tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga. Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilya saat kalian sudah lulus, kalian akan menjadi lulusan yang menguasai teori bidang tersebut dengan baik. Kompeten dalam implementasi praktek, siap bersaing secara global, serta memiliki minat ketertarikan yang besar akan bidang tersebut.


2. Kemampuan di Bidang Tersebut 

Pastikanlah kalian memilih jurusan studi kuliah nanti di bidang yang kalian kuasai. Janganlah kalian mengambil resiko besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya. Jika dari awal kalian sudah kepayahan dalam hal tersebut maka kalian akan berakhir di 3 pilihan yaitu, kalau tidak mati muda, cepat tua, atau cepat botak! Yah namanya juga makan hati.

Jika kalian memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi jangan ragu untuk mengambil jurusan sistem informasi atau elektronik. Dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan kalian, kalian tentu akan senang dalam menjalani hari - hari masa kuliah kalian. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat karena kalian memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.


3. Komitmen dan Kemampuan Biaya

Ini juga sebaiknya kalian masukkan dalam aspek pertimbangan kalian dalam memilih jurusan studi kuliah kalian. Pertanyaan yang harus kalian jawab adalah seberapa jauhkah kalian berkomitmen untuk jurusan studi kuliah tersebut.

Apa kalian yakin mau mengorbankan waktu kuliah kalian demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kalian cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kalian pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kalian akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.

  • Tiap-tiap jenjang pendidikan, baik itu strata satu, diploma hingga kursus memilik konsensi pendanaan yang sangat beragam. strata satu jelas membutuhkan banyak dana yang lebih banyak karena waktu yang diperlukan terbilang panjang.
  • Peringkat kedua diduduki diploma dan yang paling ringan umumnya kursus karena masa belajarnya yang lebih singkat. Hal ini diikuti beberapa komponen biaya sesuai dengan program studi yang dijalani. Misalnya biaya kuliah, buku, praktek, dan lain-lain.
Untuk itu, perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Bagi orang yang hidup dalam ekeonomi atas, biaya untuk pendidikan tinggi tidak menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi hingga biaya hidup.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup lebih rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi.

Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu/ freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana sobat. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan sobat.


4. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah sobat lulus nanti. Apakah jurusan yang sobat ambil dapat nanti dapat mengantar sobat untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja.

Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari lata belakang pendidikan saja, namun juga penglaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan sobat jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang sobat ambil sah-sah saja.


5. Reputasi Perguruan Tinggi

Perhatikan reputasi perguruan tinggi yang dituju. Kalau kita harus memilih salah satu PTS dengan melihat faktor-faktor internal lainnya. Pertimbangan utama yang paling gampang adalah reputasi PTS tersebut.

Reputasi di sini berarti PTS yang bersangkutan secara umum dikenal sebagai PTS yang bagus, memiliki saran belajar mengajar yang baik dengan fasilitas yang memadai. Lulusannya pun tidak kesulitan dalam mencari pekerjaan. Bahkan, ada lulusan PTS yang menjadi rebutan perusahaan-perusahaan pemakainya.

Pastikan dengan jelas status akreditasi program studi yang sobat pilih. Adanya akreditasi menunjukkan mutu/ kemampuan PTS dalam menyelenggarakan suatu program studi.

Status ini didapat setelah diadakan penilaian tentang semua unsur yang diperluakn untuk itu, termasuk fasilitas pendidikan, rasio dosen tetap dan mahasiswa, kurikulum pendidikan, dan banyak hal lainnya.


EmoticonEmoticon