4/27/2017

Masih Bingung Apa Fungsi QR Code Pada Android? Simak Ulasan Berikut

Kode QR? apa itu? Apa fungsinya?


Masih Bingung Apa Fungsi QR Code Pada Android? Simak Ulasan Berikut - Kode QR ini masih awam di telinga masyarakat, terutama orang tua. Memang masyarakat cukup awam dengan hal yang satu ini tetapi jika sudah menggunakan aplikasi BBM, pasti mereka tahu tentang kodeQR. Di aplikasi BBM kita dapat melihat bagaimana bentuk kode QR. Di BBM kita dapat menggunakannya untuk menambahkan teman. QR Code kini berkembang pesat di ikuti dengan pertumbuhan smartphone di kalangan masyarakat. Kode QR juga memiliki kecepatan membaca yang sangat luar biasa. Kode QR juga mempunyai penyimpanan yang luas.

Apa fungsi QR code?

Jika masih belum paham tentang kode QR, berikut penjelasanya. QR merupakan singkatan dari Quick Response. Kode QR adalah sebuah kode seperti barcode namun berbentuk kotak. Adapun fungsi QR Code Pada android hampir sama dengan barcode yang dapat kita temukan di Indomaret, Alfamart dll. Namun bentuk kode QR berupa kotak - kotak.
kode QR
Kode QR tidak ada yang sama. Semua sudah diatur oleh pembuat. Jika ada yang sama antara satu barang dengan barang berbeda, maka akibatnya barang tersebut akan tertukar. Kode QR bermanfaat sekali untuk masyarakat. Kode QR memiliki fungsi - tersembunyi yang mempermudah masyarakat.

Berikut fungsi tersembunyi kode QR yang mempermudah masyarakat :

1. Terhubung koneksi WiFi
Sobat dapat membagikan koneksi WiFi dengan kode QR ini. Sobat dapat berbagi dengan teman, sahabat, pacar dll yang ingin sobat beri koneksi WiFi. Namun sobat perlu hati - hati supaya tidak terserang hacker. Bisa saja hacker tersebut membobol WiFi dan mengubah sandi WiFi pada koneksi tersebut.

2. Presentasi materi
Ini bermanfaat sekali bagi guru maupun dosen. Saat dosen atau guru memberikan materi presentasi yang memiliki kode ini. Murid atau mahasiswa dapat men-scan kode tersebut untuk mengunduhnya. Kode ini mempermudah guru karena tidak perlu membagikan materi satu persatu pad muridnya.

3. Media promosi produk
Pernah lihat kode QR di bungkus sebuah produk. Nah, kode tersebut mempermudah para produsen untuk promosi produknya. Ini sangat mempermudah produsen karena memiliki cakupan yang luas. Maksudnya yaitu kita tidak perlu mempromosikan produk tersebut langsung ke konsumen. Kita hanya perlu memberikan kode QR tentang produk tersebut. Misalnya pada bungkus, kaos, tempat pariwisata dll.

4. Menambah teman
Benar sekali. Kode QR dapat digunakan untuk menambahkan teman di media sosial. Contohnya adalah Line dan BBM. Di kedua aplikasi media sosial tersebut, sobat dapat menambahkan teman yang menggunakan aplikasi yang dengan kode QR. setiap kode QR tidak ada yang sama.
Qr code bbm
Diatas adalah contoh kode QR yang saya punya pada akun BBM saya


5. Identitas diri
Wah, benarkah itu? Benar sekali, Fungsi QR code pada Android dapat digunakan untuk membuat sebuah kartu nama yang disertai dengan kode QR. sobat dapat menyimpan data tentang identitas, media sosial, perusahaan, alamat dll. Hal ini sangat menguntungkan bagi para developer atau Pemilik perusahaan. Klien yang akan membeli produk anda dapat mengenal anda lebih detail dan dapat menarik perhatian klien dengan cara men-scan kode QR tersebut.


EmoticonEmoticon