5/15/2017

Waspada, Indonesia Darurat Ransomware Wannacrypt

Tadi malam indonesia di hebohkan oleh serangan Ransomware Wannacrypt sebuah virus yang membahayakan karena bisa melumpuhkan komputer tersebut, virus ini sudah menyerang 99 negara termasuk Indonesia pun terkena serangan ini.

Jika komputernya sudah keserang virus ini otomatis komputer akan terkunci dan file di dalamnya tidak bisa di apa² lagi di kutip di kompas.com, untuk penyegahan sendiri kominfo sudah membeberkan cara pencegah Ransomware Wannacrypt dari situs resmi nya.

Bagaimana cara mencegah agar jangan sampai menjadi korban? Didin menyarankan supaya pengguna tidak langsung menyalakan dan menyambungkan komputer ke LAN atau internet. Sebelumnya, pengguna diimbau agar terlebih dahulu mem-backup data penting dan melakukan update Windows.

Ini karena celah keamanan yang dieksploitasi oleh WannaCry sebenarnya sudah ditambal melalui patch sekuriti Windows oleh Microsoft pada Maret 2017 lalu, namun belum semua komputer memasang update tersebut.

Ransomware Wannacrypt

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merumuskan langkah-langkah pencegahan infeksi Ransomware Wannacrypt, selengkapnya bisa dilihat di bawah:

Cara Mencegah Infeksi Ransomware Wannacrypt


  1. Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi.
  2. Update sekuriti Windows dengan memasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh di tautan berikut
  3. Pengguna Windows XP disarankan agar mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS lawas ini sudah tidak mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.
  4. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  5. Non aktifkan fungsi SMB v1.
  6. Blokir port 139/445 dan 3389.
  7. Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.
  8. Selalu backup file penting di komputer dan simpan di tempat lain, jika memungkinkan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet.
Apa yang bisa dilakukan apabila terlanjur terinfeksi ransomware WannaCry? Hingga saat ini belum ada solusi yang cepat dan jitu untuk mengembalikan data yang disandera. Sebaiknya putuskan sambungan ke internet dan jaringan supaya infeksi tak menyebar ke komputer lain.

Konsultasi secara online bisa dilakukan ke penyedia layanan anti-ransomware di www.nomoreransom.org. Informasi dan saran teknis dapat diperoleh dengan melayangkan e-mail ke alamat incident@idsirtii.or.id.

Update: 
Dalam rangka ikut memerangi penyebaran ransomware WannaCry,Microsoft telah merilis patch khusus untuk Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 8 yang bisa diunduh di tautan berikut.

Buat kalian yang tidak ingin keserangan virus tersebut jangan pernah gunakan windows secara bajakan karena cyber tetap mengambil celah dari software bajakan menurut info yang saya baca sudah ada dua rumah sakit di jakarta yang terkena virus tersebut.


EmoticonEmoticon