12/07/2016

Baterai Smartphone Boros? Lakukan Tips Menghemat Baterai Android Yang Baik Dan Benar Berikut

Tips Menghemat Baterai Android

Tips menghemat baterai android - Ini berguna bagi para pengguna android yang mengeluhkan borosnya baterai smartphone android, meskipun saat ini kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan baterai berkapasitas daya besar. Namun tetap saja Baterai smartphone kita cepat terkuras habis atau bisa dibilang memang Android sangat boros daya. Tahu kenapa ?

Salah satu kelebihan hp android adalah kita dapat mendownload banyak aplikasi yang dapat berguna bagi kegiatan kita sehari-hari, menariknya berbagai aplikasi tersebut terhubung langsung dengan internet setiap saat, sehingga kita dapat menerima email atau membaca berita yang selalu update setiap waktu.

Namun, kelebihan smartphone android yang selalu terhubung ke jaringan internet tersebut yang seringkali menjadi alasan kita kehabisan daya baterai pada hp android. Seringkali kita melihat baterai smartphone android kita terkuras, padahal kita tidak terlalu aktif memakainya. Apakah hal ini terjadi pada Smartphone Anda? Berikut ini kami sajikan Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif Baik Dan Benar agar androidmu jadi lebih hemat baterai.




Cara Menghemat Daya Baterai Hp Android Anda


1. Atur pencahayaan


Pencahayaan adalah salah satu pemakai daya baterai terbesar. Semakin terang pencahayaannya, maka semakin boros baterai yang dipakai. Anda dapat mengaturnya supaya tak terlalu terang dan disesuaikan dengan kenyamanan mata dengan mengaturnya di pilihan automatic brightness dan mengubahnya di menu Settings>Display>Brightness.


2. Mengalihkan Koneksi


Tidak stabilnya sinyal data 3G yang hp android kita tangkap dapat membuat hp kita terus bekerja keras (menguras baterai) mencari sinyal terbaik. Untuk lebih menghemat daya baterai sebaiknya saat kita dalam lokasi HotSpot, kita mematikan koneksi selular kita dan mengkoneksikan hp android dengan WiFi yang tersedia. Seperti dirumah, kantor atau mall, kapanpun ada WiFi maaka alihkanlah jaringan internet ke WiFi, lagipula umumnya koneksi dengan WiFi lebih cepat dibanding dengan selular, sehingga hp android Anda akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk “load” saat Anda browsing atau memakai aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.


3. Airplane mode


Wifi adalah salah satu yang cukup rasu memakan daya baterai. Oleh karenanya, matikanlah fungsi ini ketika tak dipakai. Untuk mematikannya Anda dapat menonaktifkan ikon Wifi saja, atau supaya lebih hemat lagi dapat merubah Android menjadi posisi Airplane mode.



4. Matikan fungsi Sync dan notifikasi


dengan mematikan fungsi sync dan notifikasi. Aplikasi email punya pilihan untuk mensinkronisasi data supaya selalu dalam kondisi update. Aktifnya fitur ini akan menyebabkan daya baterai jadi boros. Oleh karenanya, matikanlah saja fungsi ini.


5. Matikan WiFi & Bluetooth


Hal ini sering terlewat oleh para pengguna hp android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneki WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth


6. Matikan GPS


Fasilitas GPS pada hp android seperti kita tahu sangat berguna untuk mencari jalan atau kita sedang tersesat, namun pemakaian GPS tidaklah terlalu sering, kita tidak setiap hari tersesat bukan? Maka matikanlah fasilitas GPS hp android Anda, dan hidupkan hanya bila Anda memerlukannya. Caranya sangat simple yaitu Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon GPS.


7. Kurangi Volume & Matikan Getar


Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.



8. Jangan pakai Live Wallpapers


jangan menggunakan Live Wallpaper. Live Wallpaper memang membuat home screen keren, namun disisi lain membuat baterai boros.


Demikianlah pembahasan kami tentang bagaimana cara menghemat baterai smartphone yang boros dengan cara sederhana yang terangkum dalam judul " Baterai Smartphone Boros? Lakukan Tips Menghemat Baterai Android Yang Baik Dan Benar Berikut " Semoga bisa membantu anda sekalian yang mengeluhkan keadaan tersebut, Terimakasih.


EmoticonEmoticon