12/07/2016

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Sejarah, Budaya, Agama Dan Penduduknya

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Berikut ini akan kita bahas mengenai "Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Sejarah, Budaya, Agama Dan Penduduknya"


Asal Nama Indonesia sejarah nama Indonesia


Istilah untuk nama Indonesia terbentuk dari kata indo dan nesia. Istilah indo berasal dari kata Indie, sedangkan nesia berasal dari kata nesos yang berarti kepulauan. Jadi, kata Indonesia berarti Kepulauan Indie, yaitu deretan kepulauan yang berada di antara benua Asia dan Australia.

Istilah Indonesia ditemukan oleh James Richardson Logan, seorang ahli hukum kelahiran Skotlandia pada tahun 1847. Istilah Indonesia kemudian dipergunakan oleh Maxwell dalam bukunya yang berjudul "The Island of Indonesia" pada tahun 1862. Nama Indonesia makin terkenal berkat jasa Prof. Adolf Bastian yang menulis buku "Indonesien Oder die Inselndes Malaychen Archiples" pada tahun 1884.

Tahun 1859, Multatuli (E.F.E Douwess Dekker) memakai istilah Insulinde pada bukunya yang berjudul "Max Havelar", yang tidak lain adalah istilah untuk Indonesia. Pada tahun 1913, muncul istilah Indonesische dari kalangan pelajar dan mahasiswa kita di Negri Belanda. Tanggal 28 Oktober 1928 nama Indonesia diikrarkan menjadi nama resmi bangsa yang mendiami wilayah kepulauan dari Sabang (Aceh) sampai Merauke (Papua). Sejak tanggal 17 Agustus 1945 nama Indonesia resmi menjadi nama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan diahkannya UUD 1945 sebagai undang-undang dasar negara pada 18 Agustus 1945, maka segala sesuatu dalam perikehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berbagai wawasannya diatur menurut dan berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila beserta asas-asasnya.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor (mantan bagian provinsi dari indonesia).

Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumi yakni Melayu dan Papua di mana bangsa Melayu yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Berdasarkan bangsa yang lebih spesifik, suku bangsa Jawa adalah suku bangsa yang termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Deutero dan terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia.


Semboyan nasional Indonesia



"Bhinneka tunggal ika"
("Berbeda-beda tetapi tetap satu")

Bhinneka tunggal ika - berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Indonesia juga anggota dari PBB dan satu-satunya anggota yang pernah keluar dari PBB, yaitu pada tanggal 7 Januari 1965, dan bergabung kembali pada tanggal 28 September 1966 dan Indonesia tetap dinyatakan sebagai anggota yang ke-60, keanggotaan yang sama sejak bergabungnya Indonesia pada tanggal 28 September 1950.

Ibu Kota Indonesia


monas


Ibu kota Indonesia adalah Jakarta


Sebelumnya Indonesia pernah berganti Ibukota Negara selama empat kali dalam kurun waktu yang lumayan singkat yakni Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), Bukittinggi (1948-1949), Jakarta (1950-sekarang).

bung karno
Presiden pertama Indonesia

Presiden pertama Indonesia adalah Soekarno. Soekarno juga adalah sang prokalator kemerdekaan Indonesia bersama Hatta.


Hutan Indonesia


Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang luas. Hutan Indonesia yang luasnya mencapai 138 juta hektar merupakan tempat hidup bagi 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia dunia, dan 16% spesies burung dunia. Meskipun demikian, Guinness World Records pada tahun 2008 menyematkan rekor pada Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia, yakni kehilangan 1,8 juta hektar hutan setiap tahun.


Hutan Id



Berikut ini adalah Provinsi di Indonesia dan ibukotanya

peta indonesia
Peta Indonesia


Sumatera
    Aceh - Banda Aceh
    Sumatera Utara - Medan
    Sumatera Barat - Padang
    Riau - Pekanbaru
    Kepulauan Riau - Tanjungpinang
    Jambi - Jambi
    Sumatera Selatan - Palembang
    Kepulauan Bangka Belitung - Pangkal Pinang
    Bengkulu - Bengkulu
    Lampung - Bandar Lampung
Jawa
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    Banten - Serang
    Jawa Barat - Bandung
    Jawa Tengah - Semarang
    Daerah Istimewa Yogyakarta - Yogyakarta
    Jawa Timur - Surabaya
Kepulauan Nusa Tenggara
    Bali - Denpasar
    Nusa Tenggara Barat - Mataram
    Nusa Tenggara Timur - Kupang
Kalimantan
    Kalimantan Barat - Pontianak
    Kalimantan Tengah - Palangka Raya
    Kalimantan Selatan - Banjarmasin
    Kalimantan Timur - Samarinda
    Kalimantan Utara - Tanjung Selor
Sulawesi
    Sulawesi Utara - Manado
    Gorontalo - Gorontalo
    Sulawesi Tengah - Palu
    Sulawesi Barat - Mamuju
    Sulawesi Selatan - Makassar
    Sulawesi Tenggara - Kendari
Kepulauan Maluku
    Maluku - Ambon
    Maluku Utara - Sofifi
Papua
    Papua Barat - Manokwari
    Papua - Jayapura



EmoticonEmoticon