6/25/2020

Ingin Diet Berhasil? Ketahui Dulu Beda TDEE Dan BMR!

Sebelum mulai diet penting sekali untuk mengetahu apa itu TDEE dan BMR, ada yang pernah dengar kata-kata tersebut? berikut penjelasan dari keduanya.

beda TDEE dan BMR

Tapi, sebelumnya kamu harus tahu prinsip dalam berdiet adalah KALORI(energi). Intinya kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih sedikit dari kalori yang keluar. sebagai contoh rata-rata tubuh wanita tanpa melakukan aktivitas membutuhkan kalori sebesar 1000-1500 kalori tergantung usia,berat dan tinggi badan, jadi kalian harus tahu kalori yang kalian maka, Untuk tahu berapa kebutuhan kalori atau energi yang dibutuhkan tubuh maka kamu harus tahu TDEE dan BMR kalian.

Jadi, energi yang biasanya dikeluarkan oleh tubuh dibagi menjadi 2 kategori yaitu energi keluar untuk mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung, fungsi otak dan sebagainya yang disebut sebagai BMR (Basal Metabolic Rate) yang bisa saja energi ini keluar saat beristirahat. Sedangkan yang kedua yaitu energi yang keluar karena digunakan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau bahkan naik tangga.

Basal Metabolic Rate sendiri secara rinci merupakan kebutuhan kalori yang tubuh Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas basal nya. Saat Anda sedang tidur atau duduk dan sedang tidak melakukan aktivitas apapun, maka sebenarnya tubuh tetap melakukan aktivitasnya. Aktivitas yang dilakukan tubuh seperti memompa jantung, mencerna makanan, bernapas, memperbaiki sel tubuh, membuang racun dalam tubuh, mempertahankan suhu tubuh, dan lain sebagainya. Sedangkan TDEE (Total Daily Energy Expenditur) adalah jumlah energi yang dikeluarkan oleh tubuh. TDEE merupakan total dari kedua energi yang dikeluarkan. jadi TDEE adalah kebutuhan kalori dari BMR ditambah Aktivitas yang dilakukan.

Lalu apa bedanya antara TDEE dan BMR??? bedanya, BMR adalah kebutuhan kalori yang hanya dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas basalnya sedangkan TDEE adalah total kebutuhan kalori termasuk BMR ditambah Aktivitas fisik.

Jadi, jangan sampai salah kaprah tidak makan apapun atau makan dengan jumlah yang sangat sedikit saat ingin menurunkan berat badan. Karena, tubuh tetap butuh kalori dari makanan untuk melakukan berbagai fungsinya. Itulah kenapa kamu perlu tahu beda TDEE dengan BMR sehingga tidak sampai menerapkan diet yang salah.

Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan maka hitung dulu TDEE nya. jika sudah mengetahui TDEE nya maka kurangi asupan energi dari TDEE tersebut sebanyak 500-1000 kalori sesuai kebutuhan sehingga tercapai penurunan berat badan sebanyak 0,5 - 1 kg/minggu.
Berikut cara menghitung TDEE dan BMR. seperti yang sudah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya berikut rumus perhitungan BMR menurut Harris Benedict (1919)
Rumus Harris Benedict :

Laki-laki = 66 + ( 13,7 x BB ) + ( 5 x TB ) - ( 6,8 X U)

Perempuan = 655 ( 9,6 x BB ) + ( 1,8 x TB ) - ( 4,7 X U)

keterangan:

BB = Berat Badan (kg)

TB = Tinggi Badan (cm)

U = Umur (tahun)

Rumus diatas untuk mengetahui BMR. untuk mengetahui TDEE maka rumusnya adalah :

BMR x Faktor Aktivitas

keterangan :

Berikut ini merupakan tabel aktivitas.

AktivitasLaki-lakiPerempuan
sangat ringan1.31.3
ringan1.651.55
sedang1.761.7
berat2.12


EmoticonEmoticon