11/22/2017

Ketahui Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri

Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri - Tulang rusuknya adalah tulang panjang melengkung yang membentuk rongga dada. Tulang rusuk berfungsi untuk melindungi dada dan organ vital di dalam, seperti paru-paru dan jantung.

Rasa sakit pada tulang rusuk bisa bersifat tumpul atau tajam, seringkali masalahnya tidak pada tulang rusuk, tapi pada jaringan lunak di sekitar tulang rusuk seperti otot. Dalam kasus ringan, mungkin disebabkan oleh batu, peregangan otot yang berlebihan, dan perubahan posisi tubuh mendadak. Tapi, rasa sakit tulang rusuk juga bisa bersifat berbahaya dan juga merupakan ciri khas penyakit tertentu.
Ketahui Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri
Beberapa penyebab lain rasa sakit tulang rusuk, di antaranya seperti dikutip dari situs kesehatan klikdokter.com :

Patah Tulang
Kemungkinan tulang rusuk terasa nyeri karena ada bagian dari tulang rusuk yang patah atau retak, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Cedera Dada
Cedera dada bisa saja terjadi pada seseorang yang mengalami kecelakaan dengan posisi jatuh dada tepat di bawah atau dada menghantam benda keras lainnya.

Spasme otot
Spasme otot adalah kejang otot yang berlangsung dalam beberapa waktu yang timbul dengan sendirinya.

Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki sifat khas berupa masa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan tulang.

Peradangan
contohnya kostokondritis

Penyakit pada paru-paru
Seperti pleuritis, bronkitis, tuberkulosis, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker paru

Penyakit jantung
Seperti serangan jantung atau penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan rasa nyeri. Apabila sering mengalami rasa nyeri pada bagian dada, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jelaskan dengan detail mengenai pola nyeri, intensitas, letak nyeri, hal yang memperburuk mengurangi rasa nyeri, dan gejala lain yang Anda rasakan. Dokter biasanya melakukan pemeriksan fisik dan pemeriksaan penujuang bila dibutuhkan, seperti laboratorium, sinar-X, MRI, atau bone scan (bila dicurigai kanker paru). Penanganan nyeri tergantung dari penyababnya.

Perawatan unit gawat daruat diperlukan apabila terdapat riwayat cedera disertai luka/lecet pada dada, nyeri terasa hebat, merasakan keluhan sesak napas, demam, perubahan warna kulit atau pusing dan hilangnya kesadaran.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon