4/15/2017

Punya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri? Hindari Mulai Sekarang

Punya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri? Hindari Mulai Sekarang - Minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan harian anda merupakan hal yang sangat dianjurkan. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita meminum air putih, salah satunya ialah posisi tubuh kita saat minum.

Beberapa dari kita pasti sering minum sambil berdiri karena berbagai alasan seperti sedang di pesta tidak ada tempat duduk, tempat kita minum jauh dari tempat duduk, kita sedang buru-buru, sudah terlanjur minum dengan posisi berdiri dan banyak alasan lainnya.

Minum Sambil Berdiri

Apa efek samping dan bahaya minum sambil berdiri bagi kesehatan?


Sebenarnya posisi yang paling baik untuk minum ialah dengan posisi duduk. Posisi minum sambil berdiri sangat tidak dianjurkan. Bahkan Rasulullah SAW juga melarang kita untuk minum berdiri.

Artikel menarik lainnya:

Ternyata larangan tersebut terbukti kebenarannya, karena memang minum berdiri itu memiliki dampak yang tidak baik bagi kita, berikut ulasannya :

1. Berisiko arthritis

Arthritis merupakan peradangan pada salah satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan dan keterbatasan bergerak.

Jadi apabila kita sering minum berdiri, cairan dalam tubuh terganggu keseimbangannya sehingga terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan membuat kita rentan terkena arthritis.

2. Gangguan organ ginjal

Pada saat kita minum dengan posisi berdiri, filter penyaringan air pada ginjal tertutup sehingga air yang diminum tidak akan melewati proses penyaringan pada jaringan ginjal dan air yang diminum langsung masuk ke kandung kemih.

Air yang tidak tersaring oleh ginjal tersebut dapat memicu menumpuknya kotoran pada saluran ureter dan nantinya dapat menimbulkan gangguan pada organ ginjal yaitu munculnya penyakit kristal ginjal yang sangat berbahaya.

3. Luka lambung dan memicu penyakit Maag

Air yang diminum pada posisi berdiri akan langsung masuk kedalam lambung dan membuat makanan pada lambung akan sulit dicerna karena aliran air tidak merata sehingga hal ini bisa membuat dinding lambung mengalami luka serta menjadi penyebab radang lambung.

Dibarengi dengan naiknya kadar asam lambung sehingga biasanya kita lebih rentan mengalami sakit maag atau maag lebih mudah kambuh apabila sering minum berdiri.

4. Refleksi saraf kelana

Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot pada tubuhnya agar ia berdiri dengan stabil dan sempura.

Minum yang dilakukan sambil berdiri, bisa menimbulkan refleksi saraf yang dilakukan oleh saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar dilapisan endotel yang mengelilingi usus.

Apabila terjadi refleksi secara keras dan tiba-tiba , bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah. Untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga bisa menyebabkan pingsan atau mati mendadak.


EmoticonEmoticon